WARNING” Maraknya Pungli Diakhir Tahun Ajaran Sekolah

SELUMA,asgolnews.com – Memasuki akhir tahun ajaran dan tahun ajaran baru sekolah, fenomena pungli (pungutan liar) dengan modus kerjasama pihak sekolah bersama komite marak bahkan memberatkan kalangan wali murid. Oleh karenanya, kendati larangan pungli digembar-gemborkan,namun pada praktiknya kerap di kemas dalam berbagai alasan.

Kepala dinas pendidikan Seluma Muksir Ibrahim S.Pd melalui kabid SMP, Sukiman S.Pd menegaskan larangan semua sekolah negeri melakukan pungutan terhadap siswa didiknya. “Sebab, secara aturan hal itu menyalahi dan tidak dibenarkan. Oleh karenanya, diminta kepala sekolah tidak melakukan pungutan apapun kepada para muridnya,” kata Sukiman, kamis (1/2).

Menurutnya, pungutan dapat saja diberlakukan terkecuali melalui rapat yang melibatkan komite sekolah yang di dalamnya terdapat orangtua murid dan pemerhati pendidikan.

” Pihak Diknas tidak pernah memfasilitasi tidak juga membolehkan. Namun kalaupun sudah berdasarkan rapat dan kesepakatan pihak sekolah dan komite itu kewenangan mereka” sampainya.
Ditambahkannya,melalui kesepakatan, sekolah dan pihak
Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.

Penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lain oleh Komite Sekolah dilakukan dalam bentuk bantuan atau sumbangan sukarela. Dengan kata lain bukan dalam bentuk pungutan melalui keputusan Komite Sekolah yang besarannya ditentukan. Keseluruhan prosesnya juga dipertanggungjawabkan secara transparan.(Aw)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!