Tokoh Pemuda Minta Pemerintah Audit UPK Air Nipis

Bengkulu Selatan, asgolnews.com- Tokoh Pemuda Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan Indarmen syukur meminta agar pemerintah Daerah melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit terhadap dana bergulir Unit Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat mandiri pedesaan (UPK PNPM) Kecamatan Air nipis yang hingga kini di duga tidak jelas keberadaannya.

“Dari data yang kita dapat seperti Laporan Pertanggung jawaban UPK Kecamatan Air Nipis Tahun 2016 yang lalu, Intinya, dari jumlah keseluruhan anggaran dana simpan pinjam yang dikelola UPK Air nipis sejak beberapa tahun lalu yang mencapai Rp 2 miliar lebih, jumlah saldo kas yang masih tersedia sekarang ini sudah jauh berkurang. Ironisnya lagi, penerima dana tersebut didominasi penerima pasif. Artinya banyak macet sehingga tidak bergulir ke penerima manfaat yang lain,” ujar Indarmen.

Tak hanya itu dikatakan Indarmen, Kepengurusan UPK Air Nipis didominasi dari desa tertentu saja apalagi sejak adanya Dana Desa (DD) kepengurusan UPK dijabat ganda oleh perangkat Desa.

“Untuk ketua UPK air nipis dijabat oleh salah satu sekdes, dan ironisnya anggota BPD juga dijadikan kepengurusan UPK,” jelas indarmen.

Dari karena itu dikatakan Indarmen Pemerintah Daerah segera mungkin meminta kepada Pihak BPK ataupun BPKP Turun untuk mengaudit UPK, Sehingga Masyarakat mengetahui sejauh mana pengelolaan keuangan yang dilaksakan oleh pegurus UPK Kecamatan Air Nipis.(cw2)

 

 

No Responses

Tinggalkan Balasan