Tenaga Promkes Ditugaskan Pada Puskesmas Induk

Bengkulu Selatan, asgolnews.com – Pola Hidup Sehat serta pengetahuan tentang kesehatan yang masih perlu untuk ditanamkan di tengah masyrakat khusunya di Bengkulu Selatan.

Hal ini disampaikan kep[ala Dinas Kesehatan M.Redwan Arif, M.Kes ketika dijumpai wartawan Asgolnews.com di ruang kerjanya pada senin (13/02).

Dikatakan Redwan Arif, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan akan menempatkan tenaga Promosi Kesehatan di setiap Puskesmas Induk di Bengkulu Selatan. Setiap Puskesmas Induk, ditempatkan minimal satu orang tenaga Promosi Kesehatan.

“Tenaga Promo Kesehatan (Promkes) tersebut sudah bertugas sejak awal bulan Februari yang lalu di setiap puskesmas induk. Mereka bertugas memberikan pengetahuan kesehatan dan cara pencegahan penyakit berbahaya  dan menular. Seperti halnya tentang bahaya merokok,”jelas Redwan.

Bukan hanya itu, menurut Redwan Arif, setiap tenaga Promkes wajib untuk mengikuti visi, misi yang ada di Puskesmas tempat mereka bertugas, artinya antara petugas promkes dan tenaga kesehatan di Puskesmas harus bersinergi, hingga promosi kesehatan di Bengkulu Selatan berjalan.

“ Tenga Promkes ini merupakan tenaga kontrak yang tentu akan dilakuykan evaluasi terhadap kinerjanya selama satu tahun sekali. Dan bila memang dipandang kinerja yang bersangkutan itu dipandang bagus, maka tentu akan dipertahankan, begitu dengan sebaliknya, bila kinerjanya tidak bagus, tentu akan diganti dengan kata lain kontrkanya tidak akan diperpanjang,”papar Redwan.

Dilanjutkan Redwan, untuk tenaga Promkes itu diambil dari Puskesmas induk masing-masing, dan bila sudah selesai sesuai dengan program pada promnkes, maka yang bersangkutan akan kembali ditugaskan sebagai tenaga kesehatan di puskesmas tempat mereka bertugas.

“Melalui tenaga promkes ini, diharapkan, pola hidup sehat dapat diterapkan oleh masyarakat serta memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat di Bengkulu Selatan,”demikian Redwan Arif.(Cw 1-Al)

No Responses

Tinggalkan Balasan