Sijago Merah “Lalap” Rumah Warga Desa Sebilo

Bengkulu Selatan,asgolnews.com – Naas, nasib malang menimpah keluarga Supli (40) Bin Kurdin warga Desa Sebilo Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan tadi pagi, karena rumah yang mereka tinggali ludes di lalap si  Jago Merah. Kamis (12/01/2017).

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB saat rumah korban dalam keadaan kosong. Kejadian itu di ketahui oleh tetangga korban Ipwan yang melihat kepulan asap tebal di sertai api dari belakang rumah korban. Ipwan yang melihat kejadian tersebut dari rumahnya yang berjarak 50 m dari rumah korban, dan  langsung mengajak tetangga lainnya Yanus untuk memastikan kepulan asap yang keluar dari rumah korban. Setelah di lihat ternyata asap yang mengepul itu berasal dari area dapur rumah korban.

“Pertama saya melihat adanya asap yang keluar dari sisi belakang rumah Supli, saat itu saya berjarak kira-kira 50 meter dari rumah Supli. Lalu saya memutuskan untuk mengecek langsung ke tempat asap itu berasal, setelah itu saya mengajak tetangga lain untuk mengecek dan memadamkan api yang terus membesar melahap rumah Supil”. Ujar Ipwan.

Melihat api yang terus membesar Ipwan bersama warga lainnya lansung melakukan upaya pemadaman api dengan mengambil air di sekitar rumah korban, kemudian salahsatu warga menelpon Dinas Pemadam Kebakaran. Namun, sayangnya mobil Damkar tersebut tidak dapat menuju ke TKP karena terkendalah akses jalan dan jembatan gantung yang tidak dapat  di lalui oleh mobil Dinas Damkar.

“Kondisi rumah yang berbentuk panggung yang materialnya banyak terbuat dari kayu dan bagian bawah rumah yang merupakan tempat penyimpanan kayu bakar sehingga membuat sijago merah dengan cepat menghabiskan seluruh bagian rumah berserta isinya.” Lanjut Ipwan.

Dalam kejadian tersebut  tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan, karena saat kejadian berlangsung seluruh anggota keluarga korban sedang tidak tidak berada di rumah. Hanya saja Kejadian tersebut mengakibatkan Supli mengalami kerugian material yang habis terbakar diantaranya : 1 (satu) unit rumah kayu, 1(satu) unit motor HONDA Supra Fit, Uang tunai sebesar Rp 2.000.000,_(dua juta rupiah), Surat-surat berharga (Ijazah, Surat Kendaraan STNK, BPKB, Surat Nikah), kerugian mencapai  50.000.000,_ (lima puluh juta rupiah).

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Ordiva, S.IK melalui Kapolsek Pino AKP Munawan membenarkan adanya kebakaran yang terjadi di Desa Sebilo Kecamatan Pino.

“Benar adanya kebakaran di desa Sebilo. Rumah yang ludes terbakar tersebut milik Supli Bin Kurdin dengan kerugian materi mencapai Rp.50 juta, namun beruntung tidak menimbulkan korban jiwa,” Ujar Kapolsek.

Dilanjutkan Kapolsek, penyebab kejadian kebakaran tersebut masih dalam tahap penyelidikan, karena pada saat kejadian rumah korban dalam keadaan kosong.(JN)

No Responses

Tinggalkan Balasan