Serapan Anggaran Pemkab Bengkulu Selatan Tidak Maksimal

Bengkulu Selatan, asgolnews.com- Minimnya serapan anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Bengkulu Selatan Adapun tak lepas dari belum banyaknya proyek fisik yang belum berjalan. Hingga triwulan pertama 2017 ini, realisasi serapan anggaran di masing-masing OPD baru berada diangka 14 persen. Malah ada 4 OPD serapan anggarannya masih dibawah 10 persen, hal ini terungkap saat dilaksanakan Evaluasi rapat koordinasi (Rakor) triwulan I Tepra, beberapa waktu yang lalu.

Adapun Empat OPD yang serapan anggarannya dibawah 10 persen yaitu : Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perhubungan dan Dinas Perumahan dan Pemukiman.

“ Dari 42 OPD termasuk kecamatan, masih ada empat OPD lagi yang serapannya masih rendah, kurang dari 10 persen, untuk itu kami berharap segera mempercepat proses kegiatan karena sekarang telah memasuki triwulan kedua,” ujar Kabag Administrasi Setkab Erawan, SE,MPHR, kamis (24/5).

Ditambahkannya dari hasil pertemuan tersebut, terungkap permasalahan terutama untuk pekerjaan fisik, hingga bulan ini sedang dalam proses persiapan perencanaan konsultan. Hal ini dikarenakan lambannya penerbitan juklak dan juknis pelaksan kegiatan, serta adanya kegamangan pengelola anggaran dengan kehati- hatian.

Disisi lain Anggota KOmisi 2 DPRD Bengkulu Selatan, Kuswandi, SE menilai. Seharusnya bulan mei ini semua proyek fisik sudah tahap pelelangan. Sehingga memasuki triwulan ke II, sudah masuk tahapan pengerjaan.

“Idealnya akhir bulan mei ini tak ada lagi pelelangan, dan sudah pengerjaan,” ujar Kuswandi, sabtu (27/5).

Hal itu guna mengantisipasi terjadinya proyek bangunan mangkrak serta penumpukan proyek, selain itu hasil proyek fisik tidak akan sama apabila dikerjakan pada awal tahun dengan yang dikerjakan pada akhir tahun. “ akhir tahun tak maksimal karena terkesan mengejar waktu,” demikian kuswandi. (cw2)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan