Rayakan HUT RI, Gelar Dialog Bersama Kelompok Tani

Bengkulu Selatan, asgolnews.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Jaringan Pemuda Desa bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan akan menggelar kegiatan Dialog Tani.

Kegiatan Dialog Tani ini akan dilaksanakan di Hotel Grand Seven One, Senin (19/8/2019).

Koordinator Jaringan Pemuda Desa (JPD) Bengkulu Selatan, Apdian Utama, SE menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi masih banyaknya permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani, khususnya masalah irigasi.

Masalah irigasi dan pengairan ini dinilai serius, lantaran merupakan kebutuhan pokok petani untuk bercocok tanam. Jika tidak cepat tanggap dengan permasalahan irigasi, bisa saja mengancam ketahanan pangan dan semakin meningkatnya alih fungsi lahan persawahan.

“Kegiatan dialog ini diharapkan menjadi wadah komunikasi antara Kelompok Tani dan Pemerintah Daerah,” jelas Apdian.

Direncanakan, kegiatan yang dilaksanakan di Seven One ini akan dihadiri langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas PUPR Bengkulu Selatan. Sedangkan peserta yang diundang sebanyak 150 anggota atau pengurus Kelompok Tani di Bengkulu Selatan.

“Kami punya cara tersendiri untuk merayakan HUT RI. Sengaja kami melaksanakan kegiatan dialog tani, untuk mengimbangi euphoria perayaan HUT RI yang terkadang hanya diisi dengan kegiatan hiburan organ tunggal, lari dalam karung, tarik tambang, panjat pinang dan lain sebagainya,” demikian Apdian.

Adapun kegiatan Dialog Tani ini mengambil tema “Inventarisasi Permasalahan Irigasi dan Pengairan di Bengkulu Selatan serta Resolusi Pembangunan Pertanian Masa Depan”.(beb)

No Responses

Tinggalkan Balasan