Ratusan Massa LSM Bentar Demo Pertambangan Batu Di Gunung Geblegan Lebak

Lebak,asgolnews.com- . Ratusan Massa dari LSM Bentar Melakukan unjuk rasa di lokasi pertambangan batu di Gunung Geblegan Desa. Mekarwangi Kecamatan Muncang Kabupaten Lebak.Kamis (16/3).

Unjuk rasa tersebut menginginkan  PT.Bintang Wipar Sebagai Penambang Batu yang sudah beroperasi sejak 2 tahun lalu ini merelokasi pemukiman warga ke tempat yg lebih aman, karena masyarakat  Kampung Bitung yang hanya berjarak 15 M dari lokasi tambang, merasa tidak nyaman lagi.akibat penambangan

“PT.Bintang Wimar sudah beroperasi sejak 2 tahun lalu ini sudah banyak menimbulkan kerugian terhadap masyarakat dianataranya polusi udara, penggunaan alat peledak ,kesulitan air bersih yg sudah tercemari oleh limbah pertambangan dan untuk itu kepada perusahan untuk merelokasi pemukiman warga ke tempat yg lebih aman ”, ujar Boim selaku Korlap Aksi.

Tak hanya itu aksi tersebut meminta kepada perusahaan penambang membangun kembali infrastruktur jalan yang sudah rusak.

“rusaknya jalan Desa di akibatkan kendaraan perusahaan yg melebihi tonase, untuk itu pihak perusahan agar memperbaiki jalan tersebut”, ucap Boim.

Dari hasil pantauan, akhirnya dilakukan Audensi anatara peserta aksi dengan pihak perusahaan dan pihak Perusahaan akan melakukan survei dan mencocokan data – data pembebasan lahan yang belum di bayar oleh pihak perusahaan dan adanya lahan yang belum di bebaskan, serta Akan melakukan survei terhadap lahan milik warga yang telah rusak wilik akibat dampak aktivitas perusahaan yang ada di Kampung Bitung.

Tak hanya itu Pihak perusahaan juga akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk melakukan langkah langkah terkait relokasi rumah warga yang terkena dampak pada saat peledakan dan bisingnya pada saat peledakan. Dan Pihak perusahaan akan memperbaiki saluran air limbah yang telah mencemari pesawahan milik warga setempat lalu acara dilanjutkan penandatangan Berita Acara sepakatan antara peserta aksi dengan pihak perusahaan PT.Bingar Wipar .(aden bagus)

No Responses

Tinggalkan Balasan