“Rasta” Tahun 2017 Mulai Disosialisasikan

Pandeglang Banten, Asgolnewsw.com- Sosialisasi Beras Sejahtera (Rasta) tahun 2017 di Kecamatan Cikeudal Kabupaten Pandeglang bertempat di Koperasi Amanah berlangsung tadi pagi (09/03) yang dimulai sekira pada pukul 09.40 wib hingga ke pukul 11.30 wib.

Sosialisasi Rasta tahun 2017 yang dikuti oleh 150 orang peserta tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang Drs.Hj.Tati Suwagiharti, MM, Kasubag Bulog Devisi Regional Kabupaten Pandeglang-Lebak Yanto, Kabid Distribusi Iwan Hermawan, dan Para kepala Desa atau staf Desa Zona 2.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang mengatakan, tujuan untuk penyaluran Rasta tahun 2017 ini tidak lain hanya untuk mengurangi beban penyaluran KPM, melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Dan kepada setyiap rumah diwajibkan untuk menanam 10 batang cabai di depan rumahnya sebagai lambing pangan di Provinsi Banten.

“Standar Rasta yang harus di salurkan ke masyarakat itu dalam timbangan kilogram (Kg) bukan liter. Pada tahun 2016 yang lalu, sudah disalurkan sebanyak 19.612.800 Kg Rasta dengan 108.960 RTS-PM sebagai penerima. Kades atau stafnya harus cek dulu kwalitas Rasta yang diterima sebelum disalurkan ke masyarakat, bila kwalitasnya jelek, jangan diterima,”tegas Hj. Tati Suwagiharti.

Dijelaskan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pandeglang, Rasta yang didistribusikan dari Bulog beratnya 50 kg per karungnya, bila ditemukan adanya pengurangan berat timbangan, maka segera laporkan agar biosa ditindak lanjuti. Dan untuk uang Rasta itu harus segera disetorkan, tidak dibenarkan bila dititipkan ke Kecamatan.

Diketahui, penyaluran Rasta tahun 2017 ini untuk meningkatkan ketahanan pangan dan sekaligus perlidungan sosial serta penganggulangan kemiskinan. Penyaluran Rasta juga memberikan efek bagi para petani untuk stabilitas harga beras di pasaran serta mempermudah bagi petani untuk memasarkan hasil pertanian dalam bentuk beras, menjaga stok pangan NAsional dan membantu pertumbuhan ekonomi daerah.(Andry)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!