PT.Cemindo Gemilang Kembali Di Demo Warga

Lebak Banten, Asgolnews.com – Aksi unjukrasa oleh warga kembali terjadi, kali ini BPPKB, Kumalaka, Pendekar Banten, dan Himpunan Nelayan Pulo Manuk yang melakukan aksi unjukrasa ke PT.Cemindo Gemilang di Kampung Cibayawak Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak tadi siang sekira pukul 10.00 wib (28/02).

Massa yang berjumlah sekitar 700 orang ini dipimpin koordinator lapangan (korlap) Hasanudin Karis mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Dalam aksinya Massa membakar ban dan membakar sebagian pintu masuk ke PT.Cemindo Gemilang yang terbuat dari stanliess. Bukan hanya itu, massa juga melakukan aksi saling dorong dengan petugas pengamanan dari Kepolisian dan melemparkan air minum dalam kemasan gelas.

“Kami melakukan aksi ini, supaya pihak manajemen dari PT.Cemindo Gemilang dapat memenuhi tuntutan kami, sudah terlalu banyak masyarakat kami dirugikan sejak berdirinya PT.Cemindo Gemilang, mulai dari dampak longsor yang terjadi di Kampung Sawah Desa Darmasari, rusaknya Jalan Raya Nasional III  sepanjang 13 Km , dari Kampung Jogjogan Desa Darmasari  hingga  Kampung Pamubulan Desa Pamubulan,”terang Hasanudin Karis kepada wartawan Asgolnews.com diselah-selah aksi unjukrasa.

Dilanjutkan Hasanudin, Dampak lingkungan yang terjadi sejak berdirinya PT.Cemindo Gemilang sudah sangat memperihatinkan, sementara Royalti ataupun konvensasi dari PT.Cemindo Gemilang untuk masyarakat yang terkena dampak lingkungan tidak ada.

“Selain itu, Kami juga menduga terjadinya penyerobotan lahan warga oleh PT.Cemindo Gemilang, serta terjadinya Monopoli dan intervensi Management dari pihak Luar. Dan yang lebih penting lagi adalah untuk perekrutan tenaga kerja bukan dari daerah setempat,”ujar Hasanudin.

Dari pantauan dilapangan, sekira pukul 12.00 wib, massa beristirahat dan dijadwalkan pada pukul 13.00 wib, massa akan melakukan aksi kembali. Namun kali ini pihak management PT.Cemindo Gemilang bersedia menerima utusan dari masyarakat yang melakukan aksi unjukrasa untuk berdioalog, sebanyak 9 orang yang terbagi dari 2 tim yang dapat mengikuti audiensi dengan management dari PT.Cemindo Gemilang.

Diketahui, 2 tim yang mengikuti audiensi adalah tim hukum yaitu,Yuli Tresno Aji, SH, Lukman Alhakim,SH, Cherly Gustav,SH, Saeful Bahar,SH, sementara dari tim aksi diwakili oleh Buya karis, Hasanudin Karis, H.Bonar Aljihadi,SH, Deni.M, dan Sugianto.

Sementara pihak Management PT.Cemindo Gemilang melakukan audiensi dengan utusan Massa, sebagian dari massa yang menunggu sudah mulai mebubarkan diri dengan tertib, dan suasana dilokasi terjadinya unjukrasa tetap kondusif.(Aden Bagus)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!