Peran Guru Sebagai Orang Tua Disekolah

Bengkulu Selatan, Asgolnews.com Peran guru tidak hanya mengajar namun harus menjadi pendidik. Seorang guru harus jadi orangtua di sekolah.
“Guru diharapkan sekaligus menjadi orangtua anak di sekolah,” kata Kepala Dinas Dikbud BS, Novianto S.Sos, M.Si.
Itu disampaikan Novianto usai membuka kegiatan Bimbingan tekhnis (Bimtek) penyelenggara pendidikan keluarga. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari. Dimulai tanggal 24-26 Maret, digelar di aula Hotel Andea. Kegiatan merupakan kerjasama dirjen PAUD, Diknas Kemendikbud RI dengan Dikbud BS.


Ditambahkannya, guru yang menjadi orang tua di sekolah dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman di kelas. Seperti, guru mengetahui kebutuhan siswa. Kemudian, guru mengetahui masalah siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. “Jadilah guru yang menjadi orang tua di sekolah,” ujarnya.
Bimtek diikuti sekitar 50 guru tingkat PAUD, SD dan tingkat SMP serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).
Ditambahkan Kabid Pembinaan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dikbud BS, Rizwanto Kurniawan S.Sos, tenaga pendidik, sekolah dan masyarakat diharapkan bekerjasama dalam mewujudkan pendidikan berbasis kekeluargaan. “Semua harus bersinergi sehingga terwujudlah pendidikan yang berbasis kekeluargaan di sekolah,” demikian Rizwanto.(avd/cw2)

No Responses

Tinggalkan Balasan