Musrenbangcam Pino Raya Lebih Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur

Para Panitia Musrenbangcam Pino Raya, dan Beberapa Tamu Undangan Kompak dan Akrab

Bengkulu Selatan, Asgolnews.com – Kegiatan Musrenbangcam yang digelar hari ini (7/02) di Kecamatan Pino Raya, hampir semua Desa lebih fokus pada pembangunan infrastruktur, hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Apdesi Kecamatan Pino Raya Korneli Dehotman yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Napal Melintang.

Dalam Musrenbangcam tersebut, Kornelis mewakili seluruh Kepala Desa di Kecamatan Pino Raya membacakan daftar usulan masing-masing Desa yang dihasilkan dari Musrenbangdes yang telah dilaksanakan beberapa minggu yang lalu. Dikatakan Kornelis, Musrenbangcam merupakan tolak ukur dari pembangunan yang ada di Kecamatan Pino Raya.

“Secara garis besar, usulan masing-masing Desa terfokus pada pembangunan infrastruktur jalan usaha tani (JUT) dan jalan sentra produksi (JSP), namun demikian, ada beberapa Desa yang mencantumkan untuk program air bersih dan bedah rumah,”ujar Kornelis.

Hal ini ditanggapi dengan serius oleh Kepala Bappeda Bengkulu Selatan Nurmansyah Samid, MM yang mengatakan bahwa pada dasarnya Musrenbang merupakan langkah untuk mengusulkan pembangunan yang tentu disingkronisasikan dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Semua yang sudah diusulkan itu bukan harga mati, artinya masih bisa untuk menambahkan segala bentuk usulan terkait dengan pembangunan mulai dari tingkat Desa hingga ke Kecamatan dan akan dibicarakan lagi dalam Musrenbang Kabupaten pada Bulan Maret mendatang,”terang Nurmansyah.

 

Semua usulan tersebut juga di “perkuat” dengan penyampaian Ketua DPRD Bengkulu Selatan Yevri Sudianto yang mengatakan, mayoritas penduduk di Kecamatan Pino Raya adalah petani. Oleh karena itu pembangunan di Kecamatan Pino Raya untuk kedepan lebih di fokuskan pada Infrastruktur seperti JUT dan JSP.

“Penduduk di Pino Raya ini rata-rata adalah petani, jadi infrastruktur pertanian dan perkebunan tentu lebih diutamakan agar masyarakat lebih mudah untuk membawa hasil panen,”terang Yevri.

Ditambahkan Yevri, bila JUT dan JSP sudah memadai, hal ini tentu meringkankan beban biaya ongkos Angkut yang harus dikeluarkan petani ketika sedang panen. Dengan demikian, petani kelapa sawit dan persawahan akan dapat menikmati harga komoditi sector perkebunan yang sesuai pasaran.

“Bayangkan saat ini, ongkos angkut TBS kelapa sawit itu sudah mencapai Rp.300 sampai Rp 400,- per kilogramnya, itu dikarenakan JUT ataupun JSP yang mereka lalui masih sangat extrim atau jelek. Namun bila JUT dan JSP sudah di aspal, maka ongkos angkut tersebut bisa ditekan menjadi Rp100 ataupun Rp.200,- per kilogramnya,”kata Yevri.

Dilanjutkan Yevri, untuk itu pembangunan infrastruktur sangatlah penting bagi masyarakat di Kecamatan Pino Raya. Namun yang tidak boleh ditinggalkan adalah sarana air bersih yang patut juga untukl disampaikan dalam usulan ketika di Musrenbang Kabupaten.

Hal berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Bengkulu Selatan Ir.Toni Gusnaidi, yang lebih kepada pembinaan skill untuk Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menawarkan program pada Dinas Nakertrans.

“Bagi masyarakat Desa yang berminat untuk mengikuti kursus baik itu menjahit, otomotif, computer dan pertukangan, silahkan hubungi  Dinas Nakertrans,”kata Toni.

Begitu juga dengan Dinas Kominfo Bengkulu Selatan yang dihadiri oleh Suwito, yang menawarkan program satu wifi untuk satu Desa, sementara dari Dinas Perhubungan lebih kepada penertiban retribusi pasar dan parker.

Dari Tenaga Kerja Sosial Kecamatan Zaheral Antoni, mengusulkan agar usulan yang disampaikan harus diseimbangkan dengan kepentingan social, seperti halnya dalam pembangunan gedung yang harus menjadi pertimbangan akses untuk orang yang cacat atau menggunakan kursi roda.(SE/Cw 1-Al)

Kompak, para pejabat dan staf fhoto bersama usai acara Musrenbangcam Pino Raya T.A. 2018

 

Para kepala Dinas dan Ketua TKSK Kecamatan Pino Raya Ketika menyampaikan usulan dan penawaran program kerja pada OPD

 

Sejumlah Masyrakat dan Kepala Desa menyampaikan pendapat terkait usulan yang telah disepakati masyarakat Desa daslam Musrenbangdes

 

Camat Pino Raya Efredi Gunawan, S.STP, M.Si ketika sampaikan sambutan dalam acara Musrenbangcam T.A. 2018

No Responses

Tinggalkan Balasan