Maret, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan Bagikan Bibit Cabai Gratis

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan

 

Bengkulu Selatan, asgolnews.com – Demi mengurangi ketergantungan kebutuhan pangan rumah tangga dari pasokan pertanian di Bengkulu Selatan terutama komuditi cabai, Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan berencana memberikan bantuan bibit cabai kepada masyarakat yang mau memanfaatkan lingkungan sekitar rumahnya untuk dijadikan sebagai kebun cabai keluarga. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni Dunip saat ditemui dikantornya. Sabtu (4/2/2017)

“Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan akan menyediakan bibit cabai bagi masyarakat yang mau menanam cabai untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangganya. Hal tersebut dilakukan agar rumah tangga tidak terlalu bergantung pada pasokan cabai dari petani di Bengkulu Selatan.” ujar Sukarni.

Selain itu pembagian bibit cabai tersebut bertujuan agar masyarak dapat memanfaatkan lahan pekarangan dan sekitar rumahnya yang tidak dimanfaatkan sebelumnya. “Pemilihan bibit cabai dikarenakan cabai merupakan salah satu komuditi pangan yang menyebabkan inflasi.” Lanjut sukarni.

Disampaikannya bahwa Gerakan pembagian bibit cabai kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan lahan sekitar dan pekarangan rumahnya ini merupakan gerakan nasional dari Kementerian Pertanian dan Badan ketahanan Pusat.

“Rencananya kegiatan ini nantinya dimaksudkan untuk memotifasi warga untuk menanam cabai sendiri dan membina masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumah untuk mewujudkan Rumah Pangan Lestari.” Ujar Sukarni.

Lebih lanjut dikatakannya Kegiatan Pembagian Bibit cabai ini akan di realisasikan pada bulan Maret mendatang dan akan dilakukan dibeberapa desa di kawasan Bengkulu Selatan, yang akan bekerjasama juga dengan anggota PKK setempat, selain itu kegiatan tersebut juga akan memberikan pengetahuan kepada warga tentang asfek teknologi yang belum dikuasai oleh masyarakat Bengkulu Selatan. (Cw1-Al)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!