Kantor Camat Cigeulis Di Demo Warga Terkait Dugaan Pungli Raskin Oleh Oknum Kades Beringin Jaya

Pandeglang Banten, Asgolnews.com – Kemarin (01/03) sekitar 50 orang yang tergabung dari berbagai organisasi kemasyarakatan seperti JAM-P (Jaringan Asiprasi Masyarakat Pandeglang Banten), Laskar Garda Indonesia (LGI), Front Pendamping Rakyat (FPR), GIB, Pergerakan Pemuda Peduli Pandeglang (P4) melakukan aksi unjuk rasa di depankantor Camat Cigeulis Kabupaten Pandeglang, aksi unjuka rasa ini pun tidak berlangsung lama, mulai dari pukul 10.00 wib hingga pukul 11.45 wib.

Dalam aksinya, Massa yang pimpin Ahmadi selaku coordinator lapangan (kolap) meminta agar pihak Kecamatan dapat mengungkap Pagu anggaran Beras Miskin (Raskin) Desa Waringin Jaya tahun anggran 2015-2016, serta lakukan audit terhadap hasil dugaan pungutan liar yang dilakukan Oknum Kades.

“Pihak Kecamatan Cigeulis harus bertanggung jawab atas dugaan Pungli yang dilakukan Oknum Kades Beringin Jaya dalam penyaluran dan penjualan Raskin tahun 2015-2016,”ujar Ahmadi.

Dilanjutkan Ahmadi,  Kepada semua pihak terkait, terutama pihak kecamatan dan aparat penegak hukum kiranya jangan menutup mata terhadap dugaan pungli yang dilakukan oknum Kades Beringin Jaya.

“Usut  tuntas dugaan  pungli Raskin yang berada di Desa Waringin Jaya dan penjarakan oknum kepala desa yang melakukan pungli Raskin. Bupati Pandeglang harus mengeluarkan surat edaran yang berisi tentang larangan program pungli Raskin. Pihak Yudikatif Eksekutif dan Legislatif harus gunakan baju dinasnya dan turun ke lapangan untuk mengambil tindakan atas dugaan pungli Raskin,”tegas Ahmadi.

Pukul 10.30 WIB Perwakilan para pengunjuk rasa diterima oleh Camat Kec. Cigeulis Drs Suntama, AKP Imarton ( Kapolsek Cigeulis), Kapten Inf Sarwo ( Danramil Cigeulis).

Dalam musyawarah tersebut, Ahmadi sebagai perwakilan pengunjuk rasa meminta tanggapan terkait pengeluaran pendistribusian Raskin di kecamatan cigeulis dan bagai mana sistem pengelolaannya?

Hal ini langsung ditanggapi oleh Drs Suntama (Camat Cigeulis) yang mengatakan Pihaknya siap membenahi dan menindaklanjuti dari permohonan LSM dan aktivis, terkait usulan pembenahan masalah penyaluran Raskin.

Sementara itu AKP Imarton ( Kapolsek Cigeulis) mengatakan Siap menindaklanjuti seandainya tidak ada perubahan tarif evaluasi bersama dan siap Menindaklanjuti ke ranah hukum.

Kapten Inf Sarwo ( Danramil Cigeulis) mengatakan Siap membantu menindaklanjuti hasil kesepakatan aksi ini, harapan bersama bahwa aksi damai terkait Desa Waringin Jaya bisa diselesaikan pada hari ini juga tanggal 1 Maret 2017.

Selain itu, Nana (perwakilan pengunjuk rasa) menyampaikan aspirasinya, pada dasarnya tidak keberatan harga Raskin melebihi Rp1.600/kg yang penting tidak membuat masyarakat keberatan.

“Apabila harus ada kelebihan dari harga Rp. 1.600/ kg, itu harus di transparankan untuk penggunaan kelebihannya serta kesepakatan harga harus diupayakan dibawah Rp 2.500/kg,”ucap Nana.

Ditambahkan Nana, perhitungannya harus berdasarkan per kilo bukan per liter dan adakan perubahan DPM (Daftar Penerima Manfaat) sesuai data yang baru.(aden Bagus)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!