Kades Di Himbau Jangan Coba-Coba Langgar Aturan Pengangkattan Pejabat Desa

Bengkulu Selatan, asgolnews.com- Menghindari penyalah gunaan wewenang dalam mengangkat pejabat di suatu pemerintahan desa, Kadis Inspektorat Ingatkan jangan coba-coba melanggar aturan yang ada.

Dalam melakukan perekrutan perangkat desa adanya oknum Kepala Desa di Bengkulu Selatan diduga melanggar aturan dalam admistrasi syarat pengakatan peeangkat desa sesuai dengan aturan yang ada.

Mengenai persyaratan pengangkatan Perangkat Desa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No.83 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentiaan Perangkat Desa. Dalam Pasal 2 ayat (1) disebutkan, Perangkat Desa diangkat oleh Kepala Desa dari warga Desa yang telah memenuhi Persyaratan Umum dan Khusus.Berikut Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus, sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Kemendagri.

Persyaratan Umum Perangkat Desa,
Berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat
Berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun, terdaftar sebagai penduduk desa dan bertempat tinggal di Desa paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran dan Memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi.

Menindaki hal itu Kadis Inspektorat Bengkulu Selatan, Diah Winarsih. Mengatakan, hal ini sudah jelas di aturan jadi jangan coba-coba melanggar aturan tersebut.

“kalau ada Desa yang mangangkat perangkat desa yang usianya melampaui sesuai aturan maka hal ini merupakan pelangran dan akan terkena tindak pidana umum,”tegas kadis.

Gunawan

No Responses

Tinggalkan Balasan