Gempa Kekuatan 6,4 SR Merusak 1150 Rumah Di Lebak Banten

 

Banten.Asgolnews.com-Gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) terjadi di sebelah barat Kabupaten Lebak, Selasa (23/1/2018), sekitar pukul 13.44 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 Km dari permukaan laut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam twitter @infoBMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dan kemungkinan besar tidak ada gempa susulan.

Gempa itu dirasakan di Kota Serang dan sekitarnya. Pengunjung warung makan pecak bandeng Mang Edo di Ciceri Bunderan yang tengah asyik makan mendadak berhamburan keluar setelah meja dan piring dirasakan bergoyang keras. Sedang aula di SMA CMBBS di Pandeglang mengalami kerusakan berupa runtuh plafondnya.

Sementara itu wilayah Tangerang Raya, Jakarta dan sekitarnya hanya mengalami guncangan sejenak saat gempa berlangsung.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Kab. Lebak, peristiwa gempa tersebut telah mengakibatkan keruksakan rumah warga di 17 Kecamatan di Kab. Labak.

Sebanyak 1150 Rumah dengan rincian 998 unit rusak ringan dan 152 rusak berat. Selain itu peristiwa gempa tersebut telah meruksan bangunan lainnya seperti ambruknya 1 bangunan Masjid, Mushola dan beberapa unit sekolah.

Keruksakan terparah terjadi di wilayah Kec. Malingping, dimana terdapat 518 unit rumah mengalami rusak ringan dan 31 unit rumah rusak berat, selain itu bangunan sekolah juga mengalami keruksakan, yaitu 2 unit bangunan SD dan 1 unit bangunan SMP mengalami rusak ringan.

Sampai berita ini diturunkan, di lokasi gempa masih dilakukan penanganan bantuan oleh para relawan, Tagana, dan aparat TNI, Polri. (abdul)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!