Eceng Gondok Tutupi Tebat Gelumpai Pasar Manna

Bengkulu Selatan, asgolnews.com- Meski sudah ditetapkan sebagai sumber air utama Kota Manna jika datang musim kemarau panjang Tebat Gelumpai yang terletak di Desa Batu Lambang Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan sudah sepatutnya mendapat perhatian serius dari Pemkab Bengkulu Selatan.

Destinasi wisata masyarakat Pasar Manna tersebut, saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Yakni, dipenuhi tumbuhan enceng gondok. Bahkan, hampir 90 persen permukaan air di Tebat Gelumpai  itu sudah tidak terlihat airnya. Jika dipandang dari jarak jauh, seperti padang rumput.

Dikatakan salah seorang warga disekitar lokasi tebat gelumpai mengatakan Pemerintah Daerah hanya sekedar janji-janji akan menjadikan tebat gelumpai ini sebagai objek wisata, apalagi saat akan diadakannya pemilukada banyak calon yang jika terpilih nantinya akan membangun tebat gelumpai sebagai objek wisata.

“sekitar 5 tahun yang lalu juga di janjikan akan di bangun tempat wisata di daerah tebat gelumpai,dan sudah sempat di ukur dan warga sangat berharap besar waktu itu,dan  samapai sekarang belum sama sekali di bangun, jangan kan di bangun di bersihkan saja tidak,”ujar Mak Nomi.

Dilanjutkan Mak Nomi, Tebat Gelumpai juga dijadikan sebagian warga Bengkulu Selatan untuk tempat memancing. Dengan demikian akan sedikit menambah pendapatan bagi warga sekitar.

“Kalau sekarang, jangankan mau mancing di Tebat Gelumpai, Ikan bernafas susah karena semua permukaan air di Tebat sudah ditutupi oleh enceng gondok,”demikian Mak Nomi.(cw2)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan