Dua Wartawan Asing Dideportasi

Tanggerang,asgolnews.com- Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura Timika mendeportasi dua wartawan dari The Explorer Network Prancis Jean frank pierre escudie dan basille marie longhamp melalui Jakarta, Kedua WN prancis tersebut diamankan  saat melaksanakan kegiatan peliputan udara hanya menggunakan Visa Kunjungan Biasa, tanpa dilengkapi dokumen dari Instansi Terkait yang harus dimiliki.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura Timika Jesaya Samuel Enock, Jum’at (17/3) dalam Press Release, mengatakan, pihaknya siang ini mendeportasi kedua warga Prancis dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia ke Jakarta.

Kedua Wn Prancis ini terbukti melanggar ijin yang diberikan kepada mereka.keduanya melaksanakan kegiatan peliputan udara hanya menggunakan Visa Kunjungan Biasa tanpa dilengkapi dokumen dari Instansi Terkait yang harus dimiliki, tujuan ke Indonesia adalah untuk peliputan dalam rangka membuat film dokumenter tentang Papua.

“Sesuai amanat UU Keimigrasian kedua WN Perancis dikenakan tindakan berupa Deportasi sesuai Pasal 75, pendeportasian akan dilaksanakan hari ini Via Jakarta dan langsung ke Paris Perancis’, ujar Jesaya.

Dikatakan Jesaya kegiatan mereka tergabung dalam The Explorer Network, sebelum di Indonesia mereka mengaku pernah melaksanakan di Denmark, Karibia, Tahiti dan negara lainnya. Kegiatan tersebut sudah berkoordinasi dengan Kemenpar dan disponsori oleh Garuda Indonesia dan akan digunakan oleh Garuda Indonesia

“kegiatan sebenarnya bagus tetapi kurangnya koordinasi dengan Instansi terkait sehingga kegiatan mereka tidak bisa dilaksanakan. Imigrasi akan terus berkoordinasi dengan Instansi terkait guna melakukan pengawasan terhadap kegiatan WNA yang bisa membahayakan dan merugikan bangsa Indonesia,” ucap jesaya.

dari hasil pantauan . Pukul 19.20 WIB pesawat Garuda GA-655 yang membawa dua WN Perancis dengan pengawalan Staf Wasdakim Kelas II Tembagapura dari Bandara Mozes Kilangin Timika telah mendarat di Bandara Soekarno Hatta dengan,Pada 18 Maret 2017, dan akhirnya dengan menggunakan pesawat Etihad EY-471 Pukul 00.38 WIB  kedua WN prancis tersebut Take off untuk kembali ke negaranya.(adenbagus)

No Responses

Tinggalkan Balasan