DPRD Bengkulu Selatan Bentuk Pansus Pemilihan Wabup

Bengkulu Selatan, asgolnews.com- DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan hari ini telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) pemilihan wakil bupati BS, Selasa (29/10/2019).

Berdasarkan Rapat  yang berlangsung di gedung DPRD Bengkulu Selatan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD BS Barli Halim, telah dibentuk dan ditetapkan Pansus Pemilihan Wakil Bupati BS sisa masa jabatan 2016-2021.

“Pansus tadi sudah kami bentuk, kemudian hari ini juga kami melayangkan surat ke Bupati BS, untuk segera mengirimkan nama-nama calon wakil bupati,” ujar Barli.

Menurutnya, surat yang dilayangkan ke bupati BS tersebut dengan memperhatikan peraturan yang berlaku, yang mengatur tentang pengisian kekosongan kursi wakil bupati.

“Kami didasari dengan peraturan dan ini memang diatur dalam PP bahwa, apabila terjadi kekosongan jabatan wakil kepada daerah yang sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan, kepala daerah mengusulkan dua orang calon wakilnya untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD berdasarkan usulan partai politik atau gabungan partai politik yang pasangan calonnya terpilih dalam pemilihan,”katanya.

Dijelaskannya, untuk nama-nama yang akan diusulkan bupati kepada Pansus DPRD itu merupakan kewenangan antara bupati dan gabungan partai pengusung.

“Biasanya, bupati dalam menyikapi surat yang kami berikan, bupati berkoordinasi dengan partai pengusung. Partai pengusung menunjukan empat nama ke bupati dan bupati bermusyawarah dengan partai untuk memilih dua nama saja. Nah, kami pansus hanya menerima dua nama saja, dua nama itu yang kita bahas pada rapat pansus pemilihan selanjutnya kemudian nanti dilihat, kita pilih secara voting atau aklamasi,” tandasnya.(beb)

 

 

No Responses

Tinggalkan Balasan