DKP Bengkulu Selatan, Usahakan Pemasaran Ikan Patin Ke Luar Daerah

Bengkulu Selatan | asgolnews.com – Program Pemerintah dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bengkulu Selatan tentang program budidaya ikan patin, mengalami kendala di pemasaran.

Kepala DKP Kabupaten Bengkulu Selatan, Novianto S.Sos, M.Si mengatakan dalam rangka program Pemerintah untuk mengurangi pembuatan kolam air deras, maka diputuskan pengelolaan ikan patin yang berlokasi di Balai Benih Ikan (BBI) Pematang Gambir, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Program ikan patin ini melalui kebijakan Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, SE MM untuk mengurangi pembuatan kolam air deras yang tidak sedikit membutuhkan air,” ujar Kepala DKP Bengkulu Selatan, Novianto S.Sos, M.Si saat di temui di ruang kerja, Jum’at (20/03/2020).

Diketahui, benih ikan patin yang sudah di berikan DKP Bengkulu Selatan ke Balai Benih Ikan (BBI) Pematang Gambir, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, sebanyak 60.000 ekor. Hasil panen ikan patin tersebut, di jual dengan harga Rp. 16.500 rupiah /Kg, dana hasil penjualan patin tersebut, akan dikembalikan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Novianto mengakui, saat ini budi daya ikan patin tersebut mengalami kendala dalam pemasaran, karena masih penjualan secara lokal saja, yang seharusnya pemasarannya sudah di pasarkan keluar daerah. Namun dirinya menegaskan akan terus melakukan usaha agar pemasaran ikan patin tersebut, bisa tembus keluar daerah.

“Kalau kita sudah punya pemasaran di luar daerah, masyarakat tidak akan berfikir lagi kalau patin ini tidak laku. Namun karena ini program Pemerintah dan Dinas, maka apapun kesulitannya akan kita carikan solusinya. Kita juga sudah bekerjasama dan bernegosiasi dengan Bung Sultan sebagai anggota DPR RI sebagai kepengurusan di himpunan pengusaha muda tentang pemasaran. Kalau itu ada Insya Allah pemasaran ikan patin ini bisa sampai keluar daerah,” lanjut Novianto.

Selain itu, tahun 2020 ini DKP Bengkulu Selatan, memiliki program membagikan bibit ikan untuk masyarakat yang memiliki kolam di irigasi primer, Selebang dan Selepa yang berada di kedurang dan Seginim Air Nipis secara gratis. (Rio)

No Responses

Tinggalkan Balasan