DISPARBUD : Sanggar Di Benteng Diwajibkan Mempunyai Legalitas

Bengkulu Tengah, Asgolnews.Com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Bengkulu Tengah(DISPARBUD) mengadakan sosialisasi Sanggar Seni yang digelar di aula SMA N 01 Bengkulu Tengah, (24/4/2018). yang menjelaskan pada legalitas atau badan hukum Sanggar Seni sehingga Sanggar dapat memperoleh bantuan dari pihak pemerintah.

Sosialisasi yang diprakarsai oleh Bidang Kebudaayaan dibawah kepemimpinan, Hamida Afriani Ritha ini bertujuan untuk memastikan dan melegalkan sanggar seni yang ada di kabupaten Bengkulu Tengah, sehingga sanggar seni bisa mengusulkan bantuan.Kabid Kebudayaan Disparbud Bengkulu Tengah, Hamida Afriani Ritha menjelaskan bahwa sanggar yang bisa mengusulkan bantuan itu hanyalah sanggar yang legalitas atau payung hukumnya lengkap.

“Acara ini juga di pernah lakukan di tahun 2017 lalu. Akan tetapi, selama ini masi banyak sanggar seni yang ada di Bengkulu Tengah belum memiliki legalitas atau payung hukum yang jelas. “ jelas Ritha.

Acara ini mengundang narasumber M Hasyim dari Dinas DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) kabupaten Bengkulu Tengah dan Ref Andras yang merupakan seorang seniman dan mantan kepala taman budaya Provinsi Bengkulu. Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan Disparbud Bengkulu Tengah, Selva Nengsi mengatakan bahwa jika sanggar sudah terdaftar legalitas dan payung hukumnya jelas, maka sanggar-sanggar tersebut bisa mengajukan proposal bantuan kepada Kementrian Kebudayaan Republik Indonesia. “Untuk mendapatkan peralatan sanggar seperti desa Panca Mukti, yang legalitas dan payung hukumnya sudah jelas.

Untuk saat ini, hanya ada tiga sanggar yang legalitasnya jelas, antara lain yaitu desa Panca Mukti, desa Pondok Kelapa, dan desa Nakau, “ Kata Selva “Kami berharap, seluruh sanggar bisa mencohkan mereka agar bisa berkembang dan lebih maju lagi.

Disparbud akan mendampingi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan sanggar seni yang ada di kabupaten Bengkulu Tengah, tetapi sebelumnya harus lapor dan konsultasi terlbih dahulu kepada kami, “ Imbuhnya “Kami akan siap membantu dan membina seluruh sanggar seni yang ada di kabupaten Bengkulu Tengah, semoga kita lebih sukses dan lebih maju untuk kedepannya nanti, salam budaya, “ tutup Selva Nengsi.(efrizon)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!