Diduga Hindari Tender Dua Kegiatan Konsultan Perencanaan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Di Pangkas

Bengkulu selatan, asgolnews.com-  Dua kegiatan jasa konsultansi perencaan pembangunan pada dinas pertanian kabupaten Bengkulu selatan tahun anggaran 2017 yang mana semula direncanakan melalui proses lelang karena kedua dana pekerjaan tersebut masing- masing sebesar Rp. 55.062.000,- akan tetapi pada akhirnya pekerjaan jasa konsultansi tersebut  dilakukan penunjukan langsung oleh penguna anggaran (PA).

Hal ini menjadi pertanyaan Besar?? Padahal jelas-jelas pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan telah mengeluarkan Surat Edaran melalui Sekda Bengkulu Selatan yang ditujukan ke seluruh kepala OPD dilingkup pemerintah kabupaten Bengkulu selatan dengan nomor : 800/4/SE/B.6/II/2017 Tentang Prosedur pengadaan barang dan jasa dilingkungan pemerintah kabupaten Bengkulu selatan.

Dalam Surat Edaran tersebut sangat jelas pada point 2 yang berbunyi Kelompok Kerja ULP melaksanakan proses pengadaan barang, pekerjaan konstruksi dan jasa lainnya untuk nilai paket pekerjaan diatas 200 juta dan jasa konsultansi dengan nilai paket pekerjaan diatas 50 juta rupiah.

Terkait Hal tersebut Ketua LSM informasi Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Habi Burahman sangat menyayangkan kalau pekerjaan tersebut dilakukan dengan Penunjukan Langsung tanpa ada Dasar Hukum.

“ dalam perpres nomor 4 tahun 2015 tentang perubahan keempat atas perpres nomor 50 tahun 2010 tentang pengadaan barang jasa pemerintah pasal 25 huruf 1b sangat jelas  PA mengumumkan kembali Rencana Umum Pengadaan, apabila terdapat perubahan/penambahan DIPA/DPA,” ujar Habi.

Ditambahkannya hal ini menjadi wewenang ketua ULP untuk mempertanyakannya sebab diperpres tersebut juga sudah diatur. (cw2)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan