Diduga Dalam Pembelian PiPA Program Sanimas Di Dinas Perkim Menyalahi Aturan

Bengkulu Selatan, asgolnews.comSalah satu Program Pemerintah di Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Perumahan Dan Permungkiman yaitu SANIMAS atau Sanitasi Berbasis Masyarakat yang Menelan anggran Milyaran Rupiah di Desa setiap Kecamatan diduga adanya Menyalahi aturan dalam pembelian PIPA saluran pekerjaan.

SANIMAS atau Sanitasi Berbasis Masyarakat adalah program untuk menyediakan prasarana air limbah bagi masyarakat di daerah kumuh.

Dalam pembangunan fasilitas Sanimas, digunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Konsep tersebut menggunakan prinsip-prinsip pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan berbasis-masyarakat seperti: pilihan yang diinformasikan sebagai dasar dalam pendekatan tanggap kebutuhan, air merupakan benda social dan ekonomi, pembangunan berwawasan lingkungan, peran aktif masyarakat, serta penerapan prinsip pemulihan biaya.

Program Pamsimas Ini disebar dibeberapa kecamtan dengan jumlah lebih dari 9 kelompok SKM yang mendapat dana Hibah dari APBN itu,  kurang lebih rata rata Dana Pekerjaan dari program tersebut setiap kelompok KSM mencapai Rp 400.000.000 lebih .

Info yang didapat sampai saat ini pekerjaan sudah mencapai 70%. Dalam pekerjaan itu dilakukan dengan beberapa tahapan agar prnyaluran dana tahap pertahap tersalurkan.Tahap pertama seharusnya di dahulukan pekerjaan Fisik lalu baru melakukan prmbelian PIPA namun yang dilakukan sebaliknya.

Adanya dugaan indikasi Pihak Dinaslah yang melakukan pembelian PIPA lansung ke Pabrik atas kesepakatan KSM katanya?

Salah satu Bendahara KSM yang tidak ingin disebutkan namnya bahwa pihak dinaslah yang mrngkordinir mereka dalam pembelian pipa. (Nau)

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!