Bahas Penanganan Konflik, Pemkab Bengkulu Selatan Gelar Rakor

Bengkulu Selatan, asgolnews.com- Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar Rapat Koordinasi bersama TNI, Polri, Kejaksaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Seluruh Kepala OPD Kabupaten Bengkulu Selatan, Rakor itu guna menangani konflik sosial di Bengkulu Selatan.selasa (4/4).

Bupati Bengkulu Selatan H Dirwan Mahmud mengatakan ada tiga hal utama yang akan dibahas dalam Rakor Bersama ini. Rakor ini nanti akan memadukan Kinerja Tim dalam menangani Konflik berlatar belakang sosial, pendidikan dan sengketa batas wilayah.

“Yang pertama, kami menyusun rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial. Kedua adalah mengkoordinasikan, mengarahkan, mengendalikan, dan mengawasi penanganan konflik,” ujar Dirwan.

Selain itu, tim terpadu harus memberikan informasi kepada publik tentang terjadinya konflik di daerah dan upaya penanganannya. Tim terpadu itu juga harus melakukan upaya pencegahan konflik melalui deteksi atau peringatan dini.

Menurut Dirwan, dalam pelaksanaan penanganan konflik itu maka perlu kerjasama terpadu dengan Dinas Sosial, Dinkes,Dikbud, Satpol PP dan OPD lainnya. Selain itu, juga ada penekanan optimalisasi peran tim terpadu itu agar dapat membantu kinerja Pemerintah Daerah.

“Juga melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan adat setempat untuk langkah deteksi dan cegah dini. Ini untuk meningkatkan fasilitasi dan dukungan anggaran dari Pemda untuk tugas tim terpadu di daerah dalam penanganan konflik sosial di daerah,” demikian Dirwan. (adv/cw2)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan